Wellcome to My Site

Di situs ini saya ingin berbagi informasi seputar dunia IT yang menjadi ketertarikan saya, yang meliputi bidang: internet, komputer dan smartphone. Saya senang dapat berbagi dengan siapa pun yang berkunjung ke situs ini. Semoga kalian menemukan apa yang kalian cari di sini.

Translate to your language

27 Juli 2009

Netbook atau Notebook?

. 27 Juli 2009

Sudah lama saya tidak jalan-jalan ke toko komputer. Gara-gara sering on line di Facebook, tiba-tiba terlintas dalam pikiran saya alangkah enaknya andaikata punya laptop, bisa facebook-an di mana saja. Saya sering berpindah-pindah tempat. Kadang harus ke Semarang untuk keperluan pendidikan, kadang di Magelang untuk keperluan pekerjaan, kadang ke Muntilan nengok orang tua. Kalau di rumah sih tidak masalah karena ada PC yang kesehatannya selalu saya jaga. Nah, pas lihat-lihat laptop di toko komputer malah jadi bingung karena sekarang tersedia juga laptop-laptop mini yang rupanya sekarang lagi ngetren (he..he..gaptek juga ternyata awak ni). Laptop mini yang lebih populer dengan sebutan Netbook, bentuknya persis laptop (Notebook). Hampir-hampir saya rogoh kocek membeli Netbook karena mengira Netbook sama dengan Notebook (laptop). Dengan ukuran yang lebih kecil pasti lebih cocok untuk pemakai dengan mobilitas tinggi. Di samping itu harganya lebih murah daripada Notebook. Beruntung, salah satu sifat saya yang selalu ragu-ragu mencegah saya membuat keputusan mendadak. Saya putuskan untuk searching info dulu di internet. Nah...hasil pencarian itu saya sampaikan di bawah ini untuk teman-teman yang ingin mengetahui perbedaan Netbook dan Notebook.


Netbook mirip dengan laptop. Pada Netbook terdapat layar monitor, keyboard, USB port, power connector dan OS Windows atau Linux. Sama seperti laptop, tetapi Netbook bukanlah laptop.


Istilah Netbook diperkenalkan oleh Intel, perusahaan produsen prosesor PC terkemuka saat ini. Netbook dihadirkan untuk memberi akses komputer di negara berkembang. Singkat cerita, konsep utama netbook adalah bentuknya lebih imut dan harganya lebih murah dari notebook.


Pada umumnya performa adalah perbedaan yang mendasar dari Netbook dan Notebook. Netbook diciptakan untuk men-support penggunanya melakukan aktivitas sehari-hari yang berkaitan dengan akses internet seperti browsing, cek email, dll (tak lupa facebook-an juga..he..he..). Sedangkan Notebook kemampuannya setara dengan komputer desktop, artinya lebih komplit dan lebih support untuk menjalankan aplikasi atau pun game-game berat yang biasanya bisa dijalankan di PC.


Berkaitan dengan performa, 3 poin paling penting yang membedakan Netbook dengan Notebook adalah power, memory, dan storage. Notebook biasanya menggunakan OS Windows XP atau Windows Viesta dengan prosesor dual core, RAM 1 GB ke atas dan harddrive sebesar 80 - 320 GB. Dengan spesifikasi ini Notebook umumnya mampu menjalankan semua pekerjaan yang biasanya dilakukan pada PC, termasuk menjalankan aplikasi-aplikasi berat seperti Photoshop, Editting video, atau pun memainkan game-game berat PC. Sedangkan pada Netbook harddrive-nya sekitar 4 - 80 GB, RAM 512 MB dengan OS Linux atau Windows XP dan prosesor lebih kecil seperti Intel Atom 1,6 GHz pada Acer Aspire One Netbook. Perangkat yang sudah pasti terpasang di netbook adalah bluetooth, WiFi, LAN, USB dan card reader. Netbook mendukung 'net centric computing' atau aktivitas seputar internet, tetapi kurang support untuk menjalankan aplikasi atau bermain game-game berat seperti pada PC. Notebook mampu menyimpan file-file besar dalam jumlah banyak, tetapi Netbook tidak. Netbook memerlukan perangkat penyimpanan tambahan untuk melakukannya seperti flashdisk atau harddisk eksternal. Dalam hal ketahanan, battere pada Notebook hanya mampu bertahan sekitar 2 - 4 jam pemakaian, tetapi Netbook jauh lebih lebih tahan lama hingga mencapai 6 - 10 jam.


Dilihat secara kasat mata, perbedaan Netbook dan Notebook tampak jelas pada ukuran body dan monitornya. Monitor pada Netbook berukuran 7", 9", dan 10". Sedangkan Notebook memiliki layar 12.1", 13.1", 13.3", 14.1", 15.4", 17", dst. Dengan ukuran yang lebih kecil, Netbook sangat nyaman dibawa kemana-mana. Tetapi Netbook memilki keterbatasan perangkat output, misalnya secara umum Netbook tidak memiliki optical drive sehingga kita tidak bisa memutar ataupun membakar CD melalui Netbook. Kelebihannya yang paling positif mungkin adalah harganya (ha..ha...). Harga sebuah Netbook berkisar antara $250 hingga $500. Sedangkan Notebook harganya masih di atas $450.


Untuk lebih jelasnya, simak video penjelasan di bawah ini hasil download saya di http://www.youtube.com/watch?v=NQgiZd0-DxI.


4 komentar:

muhtar mengatakan...

bang,,,,
makasih atas infonya,
heheeeee

Pur Wiyadi mengatakan...

Thanks...I'm glad you have visited me right here. ;)

Unknown mengatakan...

pengen punya netbook tp layarnya 17 inch, gimana tuh mas

Pur Wiyadi mengatakan...

Hehehe...bakal ada terobosan baru di dunia netbook nih. Ide bagus mas Hengky! :))

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silakan komentar untuk sharing pengalaman dan pemikiran kamu. Untuk tampilkan emoticon pada komentarmu cukup ketik simbol di samping kanan gambar emoticon yang kamu inginkan...Finally, thanks for your comments.

 
IT Blogger is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com