Wellcome to My Site

Di situs ini saya ingin berbagi informasi seputar dunia IT yang menjadi ketertarikan saya, yang meliputi bidang: internet, komputer dan smartphone. Saya senang dapat berbagi dengan siapa pun yang berkunjung ke situs ini. Semoga kalian menemukan apa yang kalian cari di sini.

Translate to your language

11 Juli 2009

Pemblokiran Akun Facebook

. 11 Juli 2009

Facebook adalah situs internet yang lagi booming di Indonesia. Trend peningkatan jumlah anggota yang bergabung dalam situs jejaring sosial ini menduduki peringkat nomor satu di Indonesia. Saya termasuk salah satu dari para facebooker itu. Hampir setiap hari saya luangkan waktu untuk log in ke situs ini, sekedar melihat-lihat apakah ada issue yang menarik untuk dikomentari, atau sekedar membaca komentar-komentar lucu, aneh dan seringkali di luar dugaan yang membuat saya selalu kangen untuk log in ke facebook. Saya memang jarang melempar issue untuk dikomentari, tapi saya senang mengomentari issue-issue yang dilempar oleh teman-teman saya. Sampai suatu saat, beberapa hari yang lalu, saya mendapat email peringatan dari situs ini mengenai kemungkinan akun facebook saya dapat diblokir terkait dengan tindakan saya yang dianggap berlebihan dalam menggunakan salah satu fitur yang disediakan oleh facebook. Isi email itu saya kutipkan di bawah ini.


"Hai,
Sistem kami menyatakan bahwa Anda telah menyalahgunakan fitur tertentu pada situs. Email ini dibuat sebagai peringatan. Penyalahgunaan fitur-fitur Facebook atau melanggar ketentuan penggunaan Facebook dapat berakibat pada penutupan akun Anda. Terimakasih banyak atas pengertian dan kerjasamanya.
Silakan merujuk ke http://www.facebook.com/help.php?page=421 untuk informasi lebih lanjut.
Tim Facebook"

"Duh..gimana nih?!" Saya benar2 bingung, kuatir jika nanti akun saya di facebook berakhir dengan diblokir. Saya ingin tahu apa kesalahan saya sampai mendapatkan teguran seperti itu. Saya ikuti link download yang diberikan di email untuk mengetahui apa kesalahan saya. Sayangnya link itu tidak memberikan jawaban rinci mengenai tindakan saya yang dianggap berlebihan dan menyebabkan saya mendapatkan email peringatan seperti itu. Dan juga halaman yang dimaksud tidak tersedia dalam bahasa Indonesia yang membuat saya malas untuk mencari lebih lanjut. Dengan alasan untuk keamanan, sistem facebook tidak dapat memberitahukan secara detil mengenai tindakan saya yang sudah dianggap berlebihan dan mendekati batas pelanggaran.


Upaya saya berikutnya adalah melempar issue yang terkait dengan pemblokiran akun facebook dalam status saya di facebook. Sayang sekali, tidak ada komentar teman yang memberi jawaban pasti atas kesalahan yang sudah saya lakukan. Semuanya hanya dugaan, malah lebih banyak yang guyonan..he..he.., never mind..I still love you all, friends.

Satu atau dua hari kemudian, saat sedang asyik-asyiknya mengomentari status teman-teman di facebook, tiba-tiba di layar monitor saya muncul notifikasi bahwa akun facebook saya telah diblokir karena saya gagal mematuhi peringatan yang telah disampaikan sebelumnya. Saya tidak dapat lagi memberi komentar untuk status teman-teman saya. Alah maaak...! Akhirnya terjadi juga apa yang tidak saya inginkan untuk terjadi. Akun saya diblokir...!! Beruntung, pemblokiran hanya terbatas pada penggunaan fitur pesan dinding, artinya saya hanya tidak bisa menulis komentar pada dinding untuk semua status yang ada, meninggalkan pesan di dinding teman maupun dinding saya sendiri. Saya masih bisa berkirim pesan instan dan melakukan chatting di facebook. Dan pemblokiran itu hanya bersifat sementara.

Kurang lebih sekitar seminggu saya harus bersabar dan menahan diri untuk tidak berkomentar di status-status yang dibuat oleh teman-teman. He..he..jadi geli sendiri kalau ingat itu. Hati saya selalu berbisik "Sabar...sabar..hanya untuk sementara kok diblokirnya.." tapi jari tangan saya sering kali bergerak sendiri di keyboard mengomentari status yang ada tanpa saya sadari... Dan selalu berakhir dengan munculnya notifikasi di monitor bahwa akun saya telah diblokir untuk sementara waktu. Jengkel rasanya, setiap kali muncul notifikasi itu, tapi saya tidak dapat berbuat apa-apa. Rasanya lama banget menunggu akun saya normal lagi dan dapat digunakan secara leluasa seperti biasa. Perasaan itulah yang mendorong keingintahuan saya untuk memahami tindakan-tindakan yang bisa dikategorikan sebagai pelanggaran oleh sistem facebook. Yah terpaksalah saya buka lagi email peringatan di kotak email, dan saya ikuti link download yang tertera di sana. Kemudian saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia karena memang tidak tersedia dalam bahasa Indonesia, sambil bergumam, "Itung-itung berbuat amal untuk teman-teman yang ingin tahu tentang hal ini kalau hasil pencariannya saya posting di blog ini..he..he..he."

Di bawah paragraf ini saya sampaikan hasil pencarian saya dalam bentuk ringkasan berhubung halaman yang dimaksud panjang banget. Kalau dirasa masih kurang informatif, silakan merujuk langsung ke link download pada kutipan email peringatan di atas, tapi di sana kamu harus pilih dulu untuk ditampilkan dalam bahasa yang tersedia misalnya English(US), baru kamu bisa lihat halamannya secara utuh.

Seputar peringatan dan pemblokiran akun facebook
  • Jika kamu mendapatkan email peringatan seperti di atas, itu artinya sistem facebook telah mendeteksi penyalahgunaan suatu fitur sampai mendekati batas yang sudah ditetapkan. Sayangnya, facebook tidak dapat memberikan detil tindakan yang sudah kamu lakukan untuk alasan keamanan sistem mereka. Kamu harus mencari sendiri ketentuan mana yang telah dilanggar dengan merujuk pada Ketentuan Penggunaan Facebook. Bila kamu gagal mengurangi intensitas penyalahgunaan fitur tsb akun facebookmu benar-benar akan diblokir.
  • Pemblokiran fitur pengiriman pesan.
    Terjadi mana kala Facebook telah menetapkan bahwa seorang pengguna telah menyalahgunakan fitur pesan secara abusive (kasar, melampaui batas). Blokir bersifat sementara, dapat berakhir dalam beberapa jam atau hari, tetapi pelanggaran lebih lanjut dapat berakibat dinon-aktifkannya akun facebook secara permanen. Harus diingat, bahwa pemblokiran mungkin berdasarkan jumlah pesan yang dikirim atau seberapa cepat pesan itu dikirim. Pemblokiran dapat terjadi saat memulai rangkaian pesan baru ataupun saat membalas suatu pesan. Menghapus pesan-pesan lama tidak akan membuat user bisa berkirim pesan lagi. Jadi yang bisa dilakukan adalah bersabar menunggu dihapusnya pemblokiran oleh sistem facebook.
  • Facebook memiliki beberapa fitur untuk membatasi potensi perilaku kasar atau mengganggu di situs. Salah satu fitur ini adalah batasan pada kecepatan dan frekuensi di mana pengguna mengirimkan pesan ke pengguna lain ketika menggunakan Kotak Masuk (Inbox). Perlu diketahui bahwa meskipun semua percakapan kamu adalah interaksi sah dengan teman-temanmu, Kotak Masuk pesan tidak untuk ngobrol dan tidak boleh diperlakukan demikian. Sebagai alternatif, dianjurkan untuk menggunakan fitur Facebook Chat yang memungkinkan kamu bertukar pesan secara real-time dengan teman-teman facebook kamu.
  • Jika kamu kena cekal tidak dapat menggunakan fitur tertentu di facebook, artinya Facebook telah menetapkan bahwa kamu telah menggunakan fitur itu pada tingkat yang mungkin kasar (abusive). Sebelum kamu diblokir, kamu diberi peringatan untuk menurunkan intensitas penggunaan fitur ini. Misalnya, jika kamu telah diblokir dari mengirimkan permintaan pertemanan, maka Facebook menetapkan bahwa kamu telah menambahkan teman baru terlalu cepat. Blok ini bersifat sementara dan dapat berakhir dalam beberapa jam sampai beberapa hari. Sayangnya Facebook tidak dapat menghilangkan blokir ini dengan alasan apapun. Jadi harap bersabar dan tidak menggunakan fitur ini untuk beberapa hari sambil menunggu blokir yang akan dihapus. Penyalahgunaan terus menerus dari fitur tersebut dapat mengakibatkan account facebook kamu dinonaktifkan dan dihapus secara permanen dari situs secara keseluruhan. (He..he..sepertinya ini yang saya alami sampai saya tidak dapat menulis komentar/pesan di dinding siapapun selama satu minggu, karena terlalu cepat dan sering memberi komentar pada suatu dinding, sehingga kesannya dinding itu jadi tempat ngobrol saya dengan nyonya rumah yang punya dinding..ha..ha..ha..)
  • Facebook memiliki batas-batas yang diberlakukan untuk mencegah penyalahgunaan fitur facebook dan untuk melindungi pengguna dari potensi spam atau pelecehan. Sayangnya, Facebook tidak dapat menyebutkan spesifikasi apapun mengenai ambang batas yang ditegakkan. Harap dimaklumi, ambang batas di mana kamu diperingatkan bukanlah mengenai angka tertentu, melainkan ditentukan oleh berbagai faktor seperti: kecepatan, waktu, dan kuantitas.
  • Peringatan tentang mengirim pesan pelecehan.
    Peringatan ini diberikan karena terlibat dalam perilaku melecehkan pengguna lain. Facebook tidak mengijinkan pengguna untuk mengirimkan pesan ancaman, bersifat seksual, atau melecehkan orang lain. Pesan yang tidak dikehendaki juga tidak akan ditolerir. Untuk mencegah hal ini dari terjadi di masa mendatang, harap menahan diri untuk mengirim pesan semacam ini.
  • Peringatan tentang meng-upload foto/video yang tidak pantas.
    Peringatan ini diberikan karena foto atau video yang kamu upload telah dihapus dari Facebook berhubung melanggar ketentuan berlangganan. Foto dan video yang mengandung ketelanjangan, pengggunaan narkoba, atau konten grafik lainnya yang menggambarkan kekerasan atau menyerang seseorang atau kelompok tidak diperbolehkan. Karena alasan teknis, Facebook tidak dapat memberikan informasi tentang konten yang dihapus. Untuk mencegah hal ini terjadi di masa mendatang, harap menahan diri dari postingan foto atau video semacam ini dan menghapus apapun yang masih ada di situs.
  • Peringatan untuk membuat konten yang menyerang individu lain/grup.
    Facebook menghapus konten yang menyerang seorang atau kelompok. Facebook juga harus menghormati permintaan untuk menghapus konten yang menarik perhatian yang tidak diinginkan untuk orang-orang tertentu. Untuk mencegah hal ini dari terjadi di masa mendatang, harap berhati-hati untuk melihat isi dari setiap grup yang mengelola.
  • Peringatan tentang mengirimkan pesan yang berupa spam.
    Peringatan ini diberikan karena pesan yang dikirim dilaporkan oleh pengguna lain sebagai spam. Facebook tidak mengijinkan penggunanya mengirimkan pesan atau iklan yang mempromosikan produk, layanan, atau peluang. Untuk mencegah hal ini dari terjadi di masa mendatang, harap menahan diri untuk mengirim pesan semacam ini.
  • Peringatan tentang penyalahgunaan situs untuk spam.
    Ini merupakan peringatan atas pelanggaran Ketentuan Penggunaan Facebook mengenai berulang kali mengirimkan pesan yang sama atau posting yang sama sehingga dapat dianggap sebagai spam. Adalah kebanggaan Facebook dalam melindungi usernya dari spam, dan Facebook menerapkan standar ini dengan sangat serius. Jika kamu telah diperingatkan, jangan mengirimkan atau memposting lagi dengan pesan yang sama atau konten yang mirip. Spamming pada Facebook akan mengakibatkan penon-aktivan secara permanen akun facebookmu.
  • Peringatan untuk membuat konten yang bisa dilaporkan sebagai spam/iklan.
    Facebook tidak mengijinkan pengguna membuat atau meng-upload konten yang berupa iklan atau mempromosikan produk, layanan atau peluang. Harap menahan diri dari membuat setiap konten seperti ini di masa depan dan menghapus seluruh konten untuk menghindari menerima peringatan lebih lanjut.
  • Pemblokiran karena spam.
    Spamming adalah penyalahgunaan sistem pengiriman pesan elektronik untuk mengirim pesan massal yang tidak diminta secara sembarangan. Meskipun kamu mungkin tidak dengan sengaja bermaksud komersil, berulang kali mengirimkan pesan yang sama atau membuat posting yang sama merupakan pelanggaran Ketentuan Penggunaan Facebook dan dianggap sebagai pelanggaran yang sangat serius. Untuk melindungi pengguna dari spam dan pesan komersial lainnya yang tidak diinginkan, Facebook telah mengenakan pedoman yang ketat bila pengguna berulang kali mengirimkan pesan atau posting yang sama, sekalipun kamu hanya mencoba untuk mengadakan acara atau membuat kelompok. Jika kamu mencoba untuk mempromosikan grup kamu dengan link untuk bergabung dalam pesan, pada dinding, atau di papan diskusi, ini dapat dianggap sebagai spam.
Yaah..., sebenarnya belum semua hasil pencarian saya masukkan ke dalam posting ini. Tapi sungguh, terlalu panjang kalau saya cantumkan semuanya di sini. Jadi ya apa boleh buat, terpaksa saya batasi sampai di sini. Semoga yang secuil ini cukup bermanfaat bagi teman-teman facebooker di Indonesia.

12 komentar:

Abi Zikri mengatakan...

Tengkyu infox mas.....tapi qt jgn kuatir kuatir, kalo "face"book diblokir qt bikin "foot"book. Setuju ga........... ;))

Pur Wiyadi mengatakan...

He..he..setuju bngt. Pertama2 kita kumpulin dana dulu, biar aku yg jadi bendaharanya sekali sekali, jgn cuma Abi trs jadi bendahara. OK?=))

Abi Zikri mengatakan...

ok.....jgn lupa pak slamet buat driver footbookx.... :))

Pur Wiyadi mengatakan...

Hah..???!! Emang bth sopir segala ya? 8-}

johanes mengatakan...

haha..sama yang terjadi dengan saya sekarng...jadi lebihenaknya saya menunggu saja ya???sial deh

Pur Wiyadi mengatakan...

@Yohanes: He..he..tampaknya itu cara terbaik dan paling susah, menunggu...ha..ha.. =))

Pur Wiyadi mengatakan...

Thank you for coming, Dani. I would like to exchange link with you. ;;)

Unknown mengatakan...

Tampaknya Anda menyalahgunakan fitur ini dengan menggunakannya terlalu cepat. Anda sudah diblokir untuk menggunakannya.

Pelajari selengkapnya tentang blokir di Pusat Bantuan.

Jika Anda merasa bahwa Anda seharusnya tidak melihat ini, mohon untuk memberi tahu kami


Gan ini apa bisa pulih ya fb ane

Bienov Mugiharja mengatakan...

:-t b-( :-L

Unknown mengatakan...

@D'fatur kampung : pengalaman nya sama dengan saya saat ini sama percis muncul tulisan seperti anda kirim,yg mau saya tanyakan itu akun fb yg kena pemblokiran sudah bisa diakses lagi??? TOLONG BANTU DIJAWAB!

Unknown mengatakan...

@asep suryana saya ingin memulihkan kata sandi saya yang lupa dengan nomor telpon tetapi pas pengiriman munculsepwrti apa yang di bilang sama agan @D'fatur kampung itu gimana ya gan solulusinya..?

ridwan mengatakan...

min facebook saya ada yang hack dan email sama kata sandi nya di ganti sama orang yang meretas,gimana cara hack akun gmail yang meretas fb saya mohon jawabannya

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silakan komentar untuk sharing pengalaman dan pemikiran kamu. Untuk tampilkan emoticon pada komentarmu cukup ketik simbol di samping kanan gambar emoticon yang kamu inginkan...Finally, thanks for your comments.

 
IT Blogger is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com