Wellcome to My Site

Di situs ini saya ingin berbagi informasi seputar dunia IT yang menjadi ketertarikan saya, yang meliputi bidang: internet, komputer dan smartphone. Saya senang dapat berbagi dengan siapa pun yang berkunjung ke situs ini. Semoga kalian menemukan apa yang kalian cari di sini.

Translate to your language

30 Juni 2009

Facebook Makin Menggila

. 30 Juni 2009

Siapa sih yang nggak kenal Facebook?  Banyak kalee...yang nggak kenal internet aja banyak, apalagi situs facebook. Meski begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa facebook makin menggila dalam hal trend penggunanya. Peningkatan jumlah user facebook khususnya di Indonesia meningkat sangat pesat di banding situs-situs lain. Banyak teman-teman yang tadinya tidak begitu akrab dengan dunia internet atau ngenet hanya sekali-sekali kalau lagi dikejar tugas dan butuh informasi, sekarang sengaja menghidupkan fitur internet di handphone, laptop, atau pun PCnya karena godaan facebook. Facebook diakses di mana-mana, di rumah, di jalan, di tempat kerja, di sekolah, mungkin juga di rumah teman. Kalau mau jujur,  facebook bahkan diakses secara sembunyi-sembunyi saat kerja di kantor,  saat kuliah di kelas dan saat-saat lain yang sebenarnya tidak pantas untuk facebook-an. Sampai-sampai ada kalangan yang resah dengan perkembangan trend facebook ini sehingga merasa perlu meniupkan wacana untuk mengharamkan Facebook. He..he..Facebook begitu menggoda? Kok bisa?


Sejarah dan Perkembangan Facebook

Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat email suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan alamat email apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah, tempat kerja, atau wilayah geografis.

Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.


Saat tulisan ini dibuat, Facebook menempati urutan ke-4 Top Sites dunia berdasarkan ranking Alexa, situs yang kerjaannya selalu memantau dan meranking situs-situs paling laris dikunjungi pengguna internet di seluruh dunia. Gambar screenshot di bawah saya buat pada Selasa 30 Juni 2009 pk 09.30 WIB. Di Indonesia, Facebook menempati urutan pertama top sites paling sering dikunjungi pengguna internet saat ini.


Godaan Facebook

Jujur saya akui, saya termasuk orang yang rajin membuka situs facebook.com hampir tiap hari. Kadang malah sepanjang hari kalau lagi di rumah...he..he..jadi malu. Yaaah, walaupun terkadang saya tinggalkan PC untuk aktivitas yang lain, tapi facebook di PC mode on terus...ha...ha... Pernah ada teman nanya, "Nyari apa sih Mas Pur di buku wajah (maksudnya facebook...gitu), belum cukup puas dengan bloggingnya?" Dengan enteng tanpa pikir panjang saya jawab,"Nyari wajah yang gak sama dengan punyaku." Setelah beberapa hari lewat, terlintas lagi pertanyaan itu di dalam benak saya..."Iya ya, sebenarnya apa sih yang membuat saya selalu ingin membuka facebook hampir tiap hari?"


Kemarin saya coba sharing dengan teman-teman di facebook soal ini. Walaupun tidak ada yang menyatakan secara eksplisit alasan yang mendorong mereka untuk membuka facebook, tetapi semua menyatakan punya perasaan dan keinginan yang sama dengan saya, selalu kangen untuk masuk ke facebook. Hah..!? Sampai segitunya... Yaah, begitulah. Mungkin facebook mampu memberikan apa yang kita butuhkan yang tidak kita dapatkan dari yang lain. Mungkin tidak secara materi tapi lebih bersifat psikososial. Saya, dan teman-teman lainnya barangkali, senang dengan obrolan-obrolan ringan di facebook yang lucu-lucu, komentar yang aneh-aneh, dan yang tidak terduga. Didepan PC saya bisa terpingkal-pingkal geli membaca komentar-komentar teman-teman saya. Satu hal yang bertolak belakang dengan sifat introvert saya karena biasanya saya merasa malu untuk tertawa terpingkal-pingkal di depan orang lain. Di depan PC saya merasa menjadi orang yang bebas mengekspresikan diri, tidak ada lagi malu, tidak ada lagi perasaan tertekan oleh lingkungan, oleh kehadiran orang lain. Salah satu percakapan terlucu (menurut saya) yang sempat saya rekam dalam obrolan saya dengan teman-teman saya di facebook saya tampilkan di bawah ini. Jika kalian kesulitan membaca karena hurufnya terlalu kecil cukup klik kanan gambar yang diinginkan dan pilih buka tautan di tab baru (open in new tab), selanjutnya akan tampil dalam ukuran yang lebih besar di halaman baru. Untuk kembali ke halaman sebelumnya klik tab sebelumnya.





Bergabung dengan Facebook

Buat teman-teman yang ingin bergabung dalam situs ini caranya mudah. Asal sudah punya alamat email yang valid dan masih akitf misalnya: @yahoo.com, @gmail.com, atau yang lainnya tinggal mendaftar di alamat www.facebook.com. Setelah sukses registrasi di facebook. com, selanjutnya kalian akan diminta untuk mengkonfirmasi akun facebook kalian melalui kotak pesan email kalian agar akun facebook kalian bisa digunakan secara maksimal.


Semoga bermanfaat.




Sumber:

@Obrolan dalam facebook

@http://id.wikipedia.org/wiki/Facebook

@www.alexa.com


14 komentar:

ika mengatakan...

aih aih..
aku suka blog kamu..

Pur Wiyadi mengatakan...

@Ika: Thank you, I finally have found my secret admirer...he..he..like as you said to me at the past.

yayan maukurus mengatakan...

wah ini bener - bener yg lg hot2x masyarakat indonesia sedang menggandrungi/bercandu dengan yang namanya situs sosial "facebook". sampe ada slogan "FACE BOOK CANDU DUNIA" heheheheehe. aku salah satunya hehehehe. bwat yang mau tau tentang facebook secara cepat kilat tulisan di blog ini cukup wajib dibaca wat calon FB mania fb mania di negeri ini. salam sejah tera bwat rakjat - rakjat candu dunia maya. bwat yang pengen nge ADD aku add aja di FB dengan nick name: yayan(spasi)maukurus. TENGKIU..

subandi mengatakan...

wah baru tau aku kalau facebook itu ada sejak 2004 silam. aku taunya baru tahun 2009 ni. makasih wat penulis blog ini.

Ns, Kusnadi Jaya, S.Kep. mengatakan...

hei jahat.. masa kamar kita dipajang disitu..???

Pur Wiyadi mengatakan...

He..he..sorry Nak Janur, aku kan dah kirim permintaan konfirmasi utk tampilkan percakapan kita, tapi Nak Janur diam aja...Kata org tua, diam tanda setuju, jadi tampillah kamar kita di sini. Gak boleh protes ya Nak ya..ha..ha.. :)) =))

Oseven Mustika mengatakan...

mantap :X

Pur Wiyadi mengatakan...

mantap krn ada artis di dlm postingnya,jadi terkenal nih blogku..ha..ha.. =))

Sri Panuwun Rahayu mengatakan...

No comment dech..? ?Aku isih waras blm dibuat crazy ama fb.. :-o

Pur Wiyadi mengatakan...

Ha..ha..komennya bu Panuwun sama jg ngatain aku gila sendiri, asem ik..! :))

Sri Panuwun Rahayu mengatakan...

Ya syukur kalo kamu ngakui..Berarti kamu masih sadar..GCS msh 15. Masih ada kemungkinan sembuh, maksudnya gila ama FB. ;))

Oseven Mustika mengatakan...

fb bagi aku bener2 hiburan..
kadang liat suasana hati teman2 yg beda satu sama lain dalam waktu yg sama bikin senyum2 ndiri..
hehehe

hmm~...
hehee :D

Pur Wiyadi mengatakan...

He..he..ni yg di atas ni biasanya ngolok aku tp skrg bela aku...ha..ha..ya udah kuserahkan pembelaanku padamu ya fans!! =))

ardja gendenk's mengatakan...

setelah buka situs ni aq jd makin tahu.....
thank'z gan atas infonya.....
hhmmm...gara2 facebook msyarakat jadi gila cari notebook....

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silakan komentar untuk sharing pengalaman dan pemikiran kamu. Untuk tampilkan emoticon pada komentarmu cukup ketik simbol di samping kanan gambar emoticon yang kamu inginkan...Finally, thanks for your comments.

 
IT Blogger is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com