Wellcome to My Site

Di situs ini saya ingin berbagi informasi seputar dunia IT yang menjadi ketertarikan saya, yang meliputi bidang: internet, komputer dan smartphone. Saya senang dapat berbagi dengan siapa pun yang berkunjung ke situs ini. Semoga kalian menemukan apa yang kalian cari di sini.

Translate to your language

10 Oktober 2009

Mengenal kecepatan akses internet (Bag. 1)

. 10 Oktober 2009

Berawal dari pengalaman saya sering mengakses internet..eeh..sebenarnya lebih sering Facebook-an (hehe…jadi malu) dengan menggunakan layanan IM2 Broom Extra Unlimitted yg sering lemot (tapi tetap saya pertahankan krn terhitung murah) dan sering membuat saya tanpa sadar menyanyikan lagu si Olga "Hancur Hatiku"…, saya jadi tertarik untuk mempelajari masalah kecepatan akses internet. Kebetulan juga sudah lama tidak update blog ini, jadi saya putuskan untuk posting info seputar kecepatan akses internet di sini. Lagi pula, masalah kecepatan internet adalah keluhan yang paling sering diungkapkan dan diinginkan solusinya oleh para pengguna internet. Asumsi ini berdasarkan pengamatan saya di website-website yang pernah saya kunjungi, setiap ada posting tentang software accelerator koneksi internet selalu ramai oleh pengunjung dan komentar mengenai persoalan ini. Mereka umumnya berharap dengan software gratisan (tidak peduli bajakan) kecepatan akses internetnya dapat ditingkatkan. Yach…saya pun berharap demikian, tapi sepanjang pengalaman saya rasa-rasanya tidak terlalu signifikan bila hanya mengandalkan software yang notabene hanya menyediakan pengaturan-pengaturan yang diperlukan untuk optimasi kinerja hardware yang terpasang di komputer kita. Artinya ada faktor-faktor lain yang harus mendapatkan perhatian kita bila menginginkan kecepatan internet meningkat secara bermakna. Apa saja faktor-faktor itu?



Internet adalah singkatan dari interconnected networking, suatu jaringan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lain. Selain sebagai sumber informasi, jaringan internet juga merupakan sarana komunikasi. Komunikasi yang dilakukan di internet adalah komunikasi data. Segala sesuatu yang dikirimkan melalui internet berupa teks, suara, gambar, perpaduan suara dan gambar dikirim dalam bentuk data. Hal ini berarti menggunakan internet adalah mempertukarkan data-data antara dua buah komputer. Mengirim e-mail misalnya, kita kirim dalam bentuk data teks. Contoh lain, jika kita membuka sebuah halaman web, maka sebenarnya kita sedang mengirimkan permintaan menggunakan suatu halaman web dengan cara mengirimkan alamat URL-nya, kemudian komputer server halaman web tersebut akan mengirimkan halaman web yang kita minta.


Dalam perpindahan data dari satu komputer ke komputer lain di internet, kecepatan transfer data merupakan hal yang biasanya menjadi perhatian kita. Pastinya kita ingin data yang kita minta itu cepat tiba untuk kita gunakan. Cepat lambatnya perpindahan data dari sebuah komputer server di internet ke komputer kita sangat bergantung pada kecepatan transfer data dari provider yang kita gunakan. Kecepatan transfer data dinyatakan dalam bits per second (bps), artinya berapa bit data yang dapat dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain dalam tiap detiknya. Beberapa faktor yang menentukan hal tersebut antara lain: bandwidth, server proxy, backbone, keamanan data, layanan yang diberikan, dan teknologi yang digunakan.


Bandwidth


Bandwith adalah lebar saluran data yang digunakan untuk kegiatan transfer data. Bisa diibaratkan sebagai jalan tempat lalu lalang kendaraan secara bersama-sama. Bila kita perhatikan, pada jam-jam sibuk di mana orang-orang berangkat kantor dan sekolah pada saat bersamaan, lalu lintas di jalan sangat padat dan lambat, bahkan sering terjadi macet di jalan. Hal ini berlaku pula pada lalu lintas pertukaran data di internet. Coba buktikan dan bandingkan kecepatan akses internet Anda pada pagi hari sebelum jam kerja dan siang hari saat jam kerja, atau malam hari saat orang-orang istirahat di rumah sambil sibuk bercanda dan saling curhat di situs-situs jejaring social seperti Facebook, Yahoo, dll. Bagaimana agar kendaraan yang padat, dapat bergerak cepat? Tentu caranya antara lain memperlebar jalan. Kita perlu mengetahui bandwidth yang dimiliki oleh sebuah ISP (Internet Service Provider) untuk mengetahui kemampuan ISP mentransfer data.


Bandwidth paling banyak digunakan sebagai ukuran kecepatan aliran data. Tetapi apakah bandwidth itu sebenarnya? Bandwidth adalah suatu ukuran dari banyaknya informasi yang dapat mengalir dari suatu tempat ke tempat lain dalam suatu waktu tertentu. Satuan yang dipakai untuk bandwidth adalah bits per second atau sering disingkat sebagai bps. Seperti kita tahu bahwa bit atau binary digit adalah basis angka yang terdiri dari angka 0 dan 1. Satuan bps menggambarkan seberapa banyak bit (angka 0 dan 1) yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat yang lain dalam setiap detiknya melalui suatu media.


Ternyata konsep bandwidth tidak cukup untuk menjelaskan kecepatan jaringan dan apa yang terjadi di jaringan. Untuk itulah konsep Throughput muncul. Throughput adalah bandwidth aktual yang terukur pada suatu ukuran waktu tertentu dalam suatu hari menggunakan rute internet yang spesifik ketika sedang mendownload suatu file. Walaupun memiliki satuan dan rumus yang sama dengan bandwidth, tetapi throughput lebih menggambarkan bandwidth yang sebenarnya (aktual) pada suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan internet tertentu yang digunakan untuk mendownload suatu file dengan ukuran tertentu. Bila hanya mempergunakan bandwidth sebagai patokan, misalnya kita menggunakan IM2 Broom Unlimitted (256 Kbps) untuk mendownload file sebesar 64KB (kilo bytes) seharusnya bisa didownload dalam waktu sekedip mata atau kurang dari satu detik, tetapi setelah diukur ternyata memerlukan waktu 4 detik. Jadi jika ukuran file yang didownload adalah 64 kb, sedangkan waktu downloadnya adalah 4 detik, maka bandwidth yang sebenarnya atau bisa kita sebut sebagai throughput adalah 64 kb / 4 detik = 16 kbps.


Sayangnya, throughput karena banyak alasan, kadang sangat jauh dari bandwidth maksimum yang mungkin dari suatu media. Beberapa faktor yang menentukan bandwidth dan throughput adalah: piranti jaringan, tipe data yang ditransfer, topologi jaringan, banyaknya pengguna jaringan, spesifikasi komputer client/user, spesifikasi komputer server, induksi listrik, cuaca, dll. Sampai di sini jelaslah sudah bahwa bandwidth yang tinggi tidaklah menjamin tercapainya kecepatan akses internet seperti yang dimungkinkan oleh bandwidth tersebut. Karena itu jangan sampai kita termakan oleh iklan yang menjanjikan bandwith yang tinggi dengan harga yang murah. Selidiki dulu apakah kita memiliki faktor-faktor pendukung bagi terciptanya kecepatan akses internet yang diharapkan sebelum memutuskan untuk mengunakan jasa salah satu penyedia layanan internet.


Server Proxy


Untuk mempermudah pelayanan, maka alamat pelanggan harus tersimpan dengan baik. Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. Dengan adanya server proxy, pelanggan dapat mengakses website-website favoritnya dengan lebih cepat. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan server tersebut menyimpan halaman-halaman web yang sering dikunjungi. Sehingga jika pelanggan mengunjungi website favoritnya, pelanggan tidak perlu terhubung langsung dengan server website tersebut, tetapi cukup terhubung langsung dengan server proxy ISP. Server proxy akan menghemat penggunaan bandwidth karena pelanggan tidak perlu lagi terkoneksi langsung ke website yang sering dikunjungi.


Backbone


Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet. Membuat sebuah backbone memerlukan teknologi yang tinggi dan dana yang besar. Kebanyakan ISP menyewa backbone dari perusahan lain atau menggunakan bersama-sama dengan ISP lain. Penggunaan backbone secara bersama-sama dapat menghemat biaya namun mengurangi kecepatan akses masing-masing ISP. Contohnya PT Indosat Mega Media (IM2), sebuah perusahaan penyedia jasa layanan internet di Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari PT Indosat, menggunakan jaringan indosat dalam menyediakan layanan akses internet bagi konsumennya.


Keamanan Data


Data yang dipindahkan tentu harus aman dari gangguan baik berupa kelengkapan data maupun kualitas data. Untuk itu sistem jaringan perlu menyediakan pengamanan data. Transaksi internet rawan terhadap pembajakan. Oleh karena itu kita perlu mengetahui apakah sebuah ISP menggunakan firewall untuk keamanan transaksi online atau tidak. Hal ini berpengaruh kepada kecepatan akses data terutama pada saat kita upload (memasukan data dari komputer lokal ke komputer server di internet) dan download (mengambil data dari internet), sehingga proses tersebut akan berjalan dengan lancar.


Layanan yang Diberikan


Kita juga perlu mengetahui layanan apa saja yang disediakan oleh sebuah ISP. Apakah ISP tersebut memberikan account e-mail, berapa besar account e-mail yang disediakan, apakah ISP tersebut dilengkapi dengan spam filter, dan berbagai layanan yang lain. Hal ini berfungsi untuk kecepatan akses internet terutama dalam penggunaan e-mail yang cepat dan besarnya kafasitas account yang dapat digunakan, sehingga penggunaan layanan ini dapat kita gunakan dengan maksimal.


Teknologi yang Digunakan


Kita juga perlu mengetahui teknologi apa saja yang dimiliki oleh ISP untuk meningkatkan kinerjanya. Saat ini, teknologi kompresi data memungkinkan transfer data menjadi lebih cepat. Kita perlu tahu apakah sebuah ISP didukung oleh teknologi semacam ini. Hal ini demi kenyamanan dan kecepatan kita dalam akses internet, ISP tersebut harus selalu up-date terhadap perubahan teknologi sehingga dapat memuaskan seluruh layanan yang disediakan kepada semua pelaggan.


Sebenarnya masih ada yang ingin saya sampaikan untuk melengkapi pengenalan kita mengenai kecepatan akses internet yaitu macam-macam kecepatan akses internet sesuai dengan jenis salurannya, misalnya dengan menggunakan koneksi Dial Up, ADSL, GPRS, 3G, dll. Masing-masing memiliki karakter tersendiri sehingga kecepatan yang dihasilkannya pun berbeda-beda pula. Berhubung saya tidak ingin halaman posting ini menjadi terlalu panjang dan membosankan, hal itu akan saya posting untuk edisi berikutnya. Sabar, tunggu posting berikutnya, yach…!


Semoga bermanfaat.




Sumber:

@ http://www.e-dukasi.net/mapok/mp_full.php?id=368

@ http://id.wikipedia.org/wiki/Internet

6 komentar:

nadiri mengatakan...

ada artikel yang cukup menarik nih tentang kecepatan akses internet di blog k-4-s.info
Kenali Kecepatan Internet
siapa tahu bermanfaat

aanemuth mengatakan...

trims artikelnya, bermanfaat sekali

Pur Wiyadi mengatakan...

@Nadiri: Thanks yach infonya..

Pur Wiyadi mengatakan...

@Aanemuth: Ma ksh dah berkunjung k sini..

michelle mengatakan...

Makasih ya buat informasinya memuaskan banget,... lumayan bwad ngerjain tugas skolah,... :D

faisal rizal mengatakan...

thank's

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Silakan komentar untuk sharing pengalaman dan pemikiran kamu. Untuk tampilkan emoticon pada komentarmu cukup ketik simbol di samping kanan gambar emoticon yang kamu inginkan...Finally, thanks for your comments.

 
IT Blogger is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com