Wellcome to My Site

Di situs ini saya ingin berbagi informasi seputar dunia IT yang menjadi ketertarikan saya, yang meliputi bidang: internet, komputer dan smartphone. Saya senang dapat berbagi dengan siapa pun yang berkunjung ke situs ini. Semoga kalian menemukan apa yang kalian cari di sini.

Translate to your language

21 Oktober 2009

Browser Internet Aman untuk Anak

. 21 Oktober 2009

Amankah dunia internet untuk anak-anak? Jawabannya tergantung situs apa yang dimasuki oleh anak. Kita semua tahu bahwa di internet itu semua jenis konten ada (game, video, gambar, teks), dari yang diperuntukkan bagi anak-anak sampai yang khusus untuk orang dewasa, dari yang cuma sekedar hiburan, berita sampai informasi berat yang bersifat ilmiah.

Adalah wajar jika anak memiliki ketertarikan yang besar terhadap internet, khususnya yang bersifat game. Dunia anak adalah dunia permainan. Lewat permainanlah dia belajar tentang semua yang dialaminya. Belajar tentang sifat baik dan buruk, tentang logika matematika, tentang bahasa, ilmu pengetahuan, sosialisasi, dll, bagi anak lebih mudah lewat game. Pertanyaannya, bagaimana memuaskan ketertarikan anak terhadap game di internet tanpa khawatir si anak masuk ke situs-situs yang tidak sesuai dengan tahap perkembangannya?


Mungkin terlintas dalam pikiran kita untuk mengamankan browser internet yang ada di komputer kita dengan melakukan pengaturan-pengaturan untuk memblokir situs-situs yang tidak sesuai untuk anak. Tapi ini sulit untuk dilakukan dan sangat merepotkan. Pertama, karena kita harus tahu cara-cara pengaturan di browsernya baru itu bisa dilakukan. Kedua, merepotkan jika kita harus mengganti-ganti setingan browser jika mau dipakai untuk anak dan kita secara bergantian. Ketiga, terlalu banyak yang harus diblokir kita bisa kecolongan (ada yang terlewatkan). Belum lagi ulah para 'penjahat internet' yang secara tidak bertanggung jawab membuat link yang bisa membawa ke situs mereka yang mengandung konten yang tidak pantas untuk anak bila mengklik suatu obyek (bisa berupa teks atau gambar) di halaman web yang sedang diakses oleh si anak. Lantas solusinya bagaimana? Ada kok...hehe..tenang aja.

Sebuah free software web browser untuk anak yang saya temukan baru-baru ini ketika browsing di internet sepertinya menjanjikan internet yang aman untuk anak-anak. Saya ingin berbagi informasi soal ini. Namanya "KidRocket Web Browser" yang dirancang untuk secara signifikan mengurangi risiko anak-anak menjadi sasaran materi yang tidak pantas secara online. Bagusnya, software ini dapat dikunci oleh orang tua dengan password sehingga anak tidak bisa keluar dari web browser tsb tanpa bantuan orang tua si pemegang password. Dalam keadaan browser terkunci orang tua tidak perlu lagi khawatir untuk meninggalkan pengawasannya terhadap si anak yang sedang asyik menjelajahi konten-konten di internet, bermain game, melihat video, dsb karena konten-konten dalam web browser tsb sudah disaring dan disesuaikan hanya untuk anak-anak. Juga tidak perlu khawatir anak akan keluar dari web browser lalu mengaduk-aduk isi komputer dan secara sembarangan mengubah setting atau menghapus data-data penting yang ada di komputer.

Untuk mendownload software tsb sudah saya sediakan link address-nya di bagian bawah posting ini. Setelah Anda download file-nya letakkan di Desktop komputer Anda. Tidak perlu menginstal file download tsb. Kidrocket Web Browser adalah sebuah aplikasi 'standalone', yang berarti berjalan dalam dirinya sendiri dan tidak benar-benar menginstal ke komputer Anda di main C: \\ drive Programs folder, tidak seperti kebanyakan aplikasi lainnya. Oleh pembuatnya, software ini diklaim benar-benar non-invasif, 100% bebas adware dan spyware! Untuk menjalankannya cukup klik 2 kali file tsb.

KidRocket adalah 'Web Browser' dan karenanya, akan memerlukan izin dari firewall anda untuk mengakses internet agar fitur web browser dapat bekerja. Saat pertama kali anda menjalankan browser, kemungkinan besar akan muncul jendela pop up dari Firewall atau software Antivirus yang meminta konfirmasi anda apakah akan diijinkan atau diblok aplikasi tsb.
Anda harus menjawab "Ya" untuk mengizinkan agar KidRocket.exe dapat mengakses internet, mengambil dan menampilkan halaman Web. Saat pertama kali menjalankan Kidrocket dan fiturnya, disarankan Anda tetap berada di modus 'unlocked', sehingga Anda dapat me-minimize aplikasi KidRocket dan melihat jendela prompt Firewall di bawahnya agar dapat menjawab "Yes" (biasanya jendela prompt Firewall tertutupi oleh jendela KidRocket).

Untuk melihat demo penggunaan KidRocket Web Browser silakan klik kanan tulisan 'Demo KidRocket Web Browser' di bawah ini, lalu pilih buka tautan di tab baru. Selanjutnya di tab yang baru Anda tinggal klik tombol 'demo' yang sudah disediakan di halaman tsb. Untuk mendownload software-nya silakan klik kanan tulisan 'Software KidRocket Web Browser' di bawahnya, lalu buka tautan di tab baru, dan selanjutnya klik tombol 'download' yang tersedia di halaman tab baru.

Demo KidRocket Web Browser

Software KidRocket Web Browser v.1.5

Nah, kini saatnya mengucapkan "Selamat Datang di Dunia Maya" kepada anak tanpa perlu Anda merasa was-was lagi.

Semoga bermanfaat.

2 komentar:

vira dharma mengatakan...

;;) ..thank u for u'r information..

anoy mengatakan...

nice info, sangat bermanfaat..

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silakan komentar untuk sharing pengalaman dan pemikiran kamu. Untuk tampilkan emoticon pada komentarmu cukup ketik simbol di samping kanan gambar emoticon yang kamu inginkan...Finally, thanks for your comments.

 
IT Blogger is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com