Wellcome to My Site

Di situs ini saya ingin berbagi informasi seputar dunia IT yang menjadi ketertarikan saya, yang meliputi bidang: internet, komputer dan smartphone. Saya senang dapat berbagi dengan siapa pun yang berkunjung ke situs ini. Semoga kalian menemukan apa yang kalian cari di sini.

Translate to your language

13 Mei 2009

Koneksi Internet dengan Modem Handphone

. 13 Mei 2009

Di daerah tempat tinggal saya saat ini kayaknya lagi musim internetan (bukan lagi musim hujan atau kemarau…soalnya susah ditebak), khususnya di kalangan teman-teman saya sesama karyawan RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang (RSSM). Mereka kebanyakan menggunakan modem handphone dan layanan koneksi internet berbasis waktu (Time Based) dari IM3. Yaah.., walaupun kecepatan koneksinya lambat tapi lebih murah daripada ongkos ngenet di warnet. Selain itu juga bisa 'melatih kesabaran' kita.

Sebenarnya sih, institusi RSSM memiliki dan berlangganan layanan hotspot untuk koneksi internet..tapi entah untuk alasan apa hampir tidak pernah aktif, kami yang notabene juga karyawan RS dan ikut mengelola RS tidak bisa ikut mencicipi indahnya dunia internet dengan hotspot area (mudah-mudahan Pak Direktur membaca tulisan ini atau paling tidak mendengar tentang hal ini dan segera memerintahkan stafnya untuk membuka kran hotspot RS agar bisa digunakan secara bebas di lingkungan RSSM).

Mungkin saya termasuk 5 besar pengguna internet pertama di RSSM yang memanfaatkan handphone sebagai modem untuk koneksi intenet (GeEr kale…!?). Untuk itu saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada teman dan pendahulu saya, Sulis (orangnya lagi melototin kamu di sebelah nih...cakep nggak??), yang menginformasikan kepada saya tentang cara seting M3gprs di handpnone dan Nokia PC Suite di komputer. Berkat dialah saya bisa memasuki dunia maya tanpa harus keluar dari rumah (Semoga ini jadi amal jariyah yang tidak putus buat kamu Lis..!).

Banyak teman-teman yang datang ke saya dan menanyakan cara seting menggunakan handphone sebagai modem di PC sehingga bisa berselancar di internet. Saya sendiri menggunakan hp Nokia N70 dengan simcard dari IM3 untuk posting artikel ini. Di posting ini saya ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman mengenai cara koneksi internet dengan menggunakan handphone sebagai modemnya. Tentu saja dengan merujuk pada pengalaman pribadi saya, tulisan ini lebih berfokus pada penggunaan HP dengan kartu SIM IM3 sebagai modem dan software Nokia PC Suite di komputer serta layanan koneksi internet Time Based dari IM3. Mudah-mudahan bisa menjawab kebutuhan teman-teman yang ingin berselancar juga di dunia internet.


Peralatan yang dibutuhkan


  1. Hp yang bisa dijadikan modem.
    Untuk hp Nokia yang dapat berfungsi sebagai modem, jika kamu ingin lihat daftarnya bisa klik di sini.

  2. Perangkat koneksi dari hp ke PC.
    Kamu boleh pilih kabel data atau pun perangkat Bluetooth, tetapi saya lebih suka menggunakan kabel data karena lebih stabil koneksinya.

  3. Software PC Suite.
    Biasanya sudah termasuk dalam paket penjualan hp berupa CD Instal yang di dalamnya ada software PC Suite-nya. Buat kamu yang menggunakan Nokia PC Suite dan ingin versi terbarunya, sekarang sudah tersedia Nokia PC Suite versi 7.1.26.0, kamu bisa download di sini. Kata Nokia versi ini lebih stabil daripada versi sebelumnya.


Persiapan pada handphone


  1. Akitifkan fitur 3G/GPRS kartu SIM kamu melalui operator sesuai kartunya agar bisa digunakan untuk berinternet.

  2. Seting hp kamu agar bisa konek ke internet. Cara paling gampang yaitu dengan kirim sms ke operator, kemudian pihak operator akan mengirim setingan yang diperlukan khusus untuk hpmu dan kamu hanya perlu menyimpannya (save) di memori hp. Cara manual juga bisa, tapi kalau ada yang mudah kenapa cari yang susah?

Untuk lebih detail mengenai setting hp dan aktivasi 3G pada SIM-Card , silahkan klik di sini.


Persiapan di computer

Instal software PC Suite di komputermu.


Langkah-langkah koneksi ke internet

Setelah selesai PC Suite diinstal, dan kamu ikuti semua prosedur pemasangan sambungan PC ke Hp melalui kabel data/Bluetooth, akan tampil di layar monitormu jendela Nokia PC Suite seperti ini. Klik ikon hubungkan ke internet.




Selanjutnya muncul jendela One Touch Access yang memperlihatkan progress bar autoconnect ke internet. Tentu saja saja sambungan ke internet akan gagal karena belum dilakukan setting parameter pada PC Suite-nya. Untuk mengatur setting itu kamu klik ikon bergambar kunci pas.





Jendela berikutnya menampilkan pilihan modem yang akan digunakan jika kamu menggunakan beberapa modem untuk koneksi melalui komputermu. klik ikon Berikutnya.




Pada jendela berikutnya kamu akan disodori pilihan konfigurasi, otomatis atau manual. Jika kamu pilih otomatis kamu tinggal pilih jaringan yang ada dari daftar yang disediakan dengan meng-klik tanda panah ke bawah pada kotak drop down. Jika kamu menggunakan IM3 Time Based, pilih konfigurasi manual.




Isi parameter yang disediakan seperti screenshot di bawah ini (untuk layanan M3gprs Time Based), lalu klik ikon bertanda contreng untuk mengakhiri sessi konfigurasi. Jika kamu mau pake layanan lainnya seperti XLgprs, Mentari, Telkomselflash, dll silakan klik di sini.




Jendela yang muncul kemudian seperti di bawah ini, kamu tinggal klik pada ikon hubungkan seperti gambar di bawah, dan wuzzz…





Kamu sudah siap untuk berselancar di dunia maya dengan munculnya jendela seperti gambar berikut.




Beberapa detik kemudian akan muncul notifikasi di bagian kanan bawah monitor seperti gambar di bawah ini yang menandakan komputermu siap menerima perintah si Bos untuk mengantar kemana pun yang si Bos mau kunjungi, bahkan ke ujung dunia sekali pun…he..he..





Semoga bermanfaat buat teman-teman di RSSM khususnya.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Nice Info pak...memangnya di RSSM belum ada koneksi internet ya pak..bukannya di RSSM ada bagian IT nya Pak..kebetulan saya beberapa kali lewat dan sering mampir ke sana, sapa tau saya juga bisa numpang internetan di RSSM...

Pur Wiyadi mengatakan...

@Anonim: ada blogspot,bahkan website RSSM jg ada (www.rssm-hospital.com), tp jarang / hampir tdk pernah aktif. Gak tahu tuh..what's the matter.

awang mengatakan...

Gmn klo blm bisa connect? apa lagi yang kurang ? tlng bntu saya

Pur Wiyadi mengatakan...

@Awang: Utk konek internet yg perlu diperhatikan & bs kita kerjakan sendiri adalah persiapan dan seting pd komputer, handphone dan kartu SIMnya. Selebihnya tergantung dari layanan ISP dmn kita berlangganan jasa internet, serta kuatnya sinyal yg dpt ditangkap oleh hp di daerah tertentu. Jadi kalo dari kita sdh yakin persiapan kita sdh benar semua, tp blm bs konek jg, coba konsultasikan dg pihak ISP.

Anonim mengatakan...

Salam hangat buat Pak Pur...Postingnya sangat menarik...itung2 berbagi ilmu untuk yang belum tau cara setting koneksi internet lewat HP..hehehe
Saya cuma mau menanggapi mslh internet di RSSM, pihak RSSM memiliki 2 koneksi internet dan di share menjadi beberapa Akses Point yang tersebar di Gedung Administrasi Pusat. Klo pak Pur sedang berada di sekitar gedung Administrasi dan menghidupkan Wi-Fi, maka akan tertangkap banyak sekali Akses Point. Untuk mengakses internet melalui hotspot di RSSM memang harus di Setting terlebih dahulu IP Address nya, monggo klo sempat nanti mampir ke Ruangan IT, dengan senang hati kami akan memberikan settingan untuk IP Address nya. Knapa tidak dibuat Free saja???Dikarenakan besarnya Bandwidth yang ada juga terbatas, jadi harus batasi user yang menggunakannya, lagi pula IP address yang ada juga include dengan Intranet yang ada di RSSM.
Berkait dengan kenapa tidak dibuat Hotspot yang skalanya cakupannya besar di RSSM, dikarenakan lingkungan di RSSM sangat sulit sekali untuk dibuat jaringan Kabel maupun Wireless. Medan di RSSM sangat luas,jarak antar gedung sangat jauh, lebih dari kapasitas maksimal Kabel UTP, dan jika menggunakan wireless, maka akan terhalang dengan POhon2 yang ada di RSSM. :D

Berkait dengan website, memang sudah beberapa lama website RSSM vakum, dikarenakan memang pengelolaan website belum maksimal. Semoga dalam waktu dekat akan launching website RSSM yang baru, dengan nuansa yagn lebih baru dan semangat baru...mohon doa restunya Pak Pur....

sekian info dari saya Pak Pur, saya mewakili Teman2 yang ada di IT-RSSM mohon doa restu buat program2 IT yang lebih baik....terima kasih saran dan kritik nya yang membangun...

Salam Sejahtera Untuk Semua...

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silakan komentar untuk sharing pengalaman dan pemikiran kamu. Untuk tampilkan emoticon pada komentarmu cukup ketik simbol di samping kanan gambar emoticon yang kamu inginkan...Finally, thanks for your comments.

 
IT Blogger is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com