Wellcome to My Site

Di situs ini saya ingin berbagi informasi seputar dunia IT yang menjadi ketertarikan saya, yang meliputi bidang: internet, komputer dan smartphone. Saya senang dapat berbagi dengan siapa pun yang berkunjung ke situs ini. Semoga kalian menemukan apa yang kalian cari di sini.

Translate to your language

14 Mei 2009

Setting Nokia PC Suite dengan SIM Card GSM dan IM2

. 14 Mei 2009


Posting ini adalah lanjutan dari posting sebelumnya dan menjadi keterangan tambahan untuk edisi tsb. Jadi akan lebih fokus pada bagaimana mengkonfigurasi setting sambungan internet pada jendela konfigurasi yang terdapat pada Nokia PC Suite sesuai dengan kartu SIM yang digunakan (selain layanan internet dari Indosat-durasi tentunya, karena sudah dibahas di edisi sebelumnya). Kalau kamu pengin baca edisi sebelumnya silakan klik di sini. Lebih lanjut simak saja keterangan dan screenshot di bawah. Oh ya…ada bonus catatan tambahan di bawah untuk teman-teman yang berencana menggunakan IM2 Broom. Let's check it out!



Untuk Telkomsel, lebih praktis dengan memilih setting konfigurasi otomatis karena Telkomsel ada dalam daftar operator yang ada dalam Nokia PC Suite. Tandai opsi 'Pilih operator jaringan anda dari daftar',lalu klik tombol drop down bertanda panah ke bawah dan cari Telkomsel pada daftar yang muncul kemudian.




Pilihan ini adalah layanan internet reguler dari Telkomsel berdasarkan volume based. Speednya bagus banget tapi AWAS habisnya pulsa juga cepet banget. Kalau mau lebih irit pakai Telkomselflash saja.


Agar dapat menggunakan Telkomsel Flash kamu harus daftar dulu dengan cara sms ke 3636, ketik: flash on ….(isi nominal paket yang diinginkan). Selanjutnya tunggu konfirmasi dari operator untuk bisa menggunakan paket flash tsb.Untuk konfigurasi Telkomsel Flash, pilih sambungan secara manual. Selanjutnya pada jendela berikutnya seperti screenshot di samping, kita hanya perlu mengisikan APN-nya saja yaitu 'internet' (tanpa tanda petik). Untuk User Name, Password, dan Additional Initialization semua dikosongkan.


Untuk Indosat M3, Mentari maupun XL, juga lebih mudah dengan seting otomatis seperti pada Telkomsel. Baik Indosat Indonesia maupun XL Indonesia sudah tercakup dalam daftar operator yang ada dalam Nokia PC Suite. Pada versi terbaru dari Nokia PC Suite (download di sini jika kamu ingin memilikinya), ternyata operator-operator baru di Indonesia juga sudah dimasukkan dalam daftar tsb. Jadi buat kamu yang menggunakan kartu Three dan Axis, jangan kuatir, kamu tetap bisa menggunakan Nokia PC Suite dengan cara setting otomatis. Kalau ada cara mudah kenapa cari yang susah?


Khusus untuk IM2 Broom, sebelum mengisi parameter di PC Suite, kita harus melakukan aktivasi perdana terlebih dahulu. Untuk aktivasi perdana IM2, masuki website Indosat M2 di http://indosatm2.com, langsung menuju ke halaman aktivasi. Kamu gak perlu lari ke warnet cuma untuk aktivasi kartu, cukup masukkan kartu USIM-nya ke modem/hp yang kamu pake. Pada konfigurasi sambungan internet Nokia PC Suite, masukkan data APN: indosatm2, Username: indosatm2, password: prabayar. Periksa juga dial up number modem yang digunakan pada Control Panel/Network Connection/pilih modem yang digunakan/Properties, nomornya harus *99#. Jika kamu berhasil konek ke internet maka otomatis kamu akan masuk ke website Indosat M2. Kemudian pilih Aktivasi Sekarang.




Selanjutnya isi semua kolom-kolom yang ada termasuk Username dan Password. Username dan Password inilah yang nanti akan kita gunakan saat melakukan koneksi internet di laptop atau PC. Kalau sudah semua, klik tombol Berikutnya, akan muncul jendela seperti di bawah ini. Pilih Jenis Layanan yang kamu inginkan, Classic atau Unlimited.



Setelah kartu USIM aktif, parameter username: indosatm2 dan password: prabayar di atas tidak bisa digunakan lagi. Jadi harus diubah sesuai dengan isian kamu pada proses aktivasi tadi. Pada parameter isian konfigurasi PC Suite isikan : Acces point name = indosatm2. Username = (diisi sesuai dengan username pada saat melakukan aktivasi perdana Broom). Password = (diisi sesuai dengan password pada saat melakukan aktivasi perdana Broom), Additional initialisation commands: (dikosongkan). Nah, selesai sudah...sekarang kamu sudah bisa berselancar di dunia maya dengan menggunakan hp Nokia sebagai modem.







Semoga bermanfaat...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mas saya punya masalah tentang aktif indosatm2 dri PC suite nokia.
indosatm2 saya sudah aktif trus saya sudah ngisi username sma paswordnya trus saya konekin..
di PC suite sihh sudah aktif tpi knpa pas saya buka mozila gk bisa browsing alias gk konek..

Mohon bantuannya..
thanx

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silakan komentar untuk sharing pengalaman dan pemikiran kamu. Untuk tampilkan emoticon pada komentarmu cukup ketik simbol di samping kanan gambar emoticon yang kamu inginkan...Finally, thanks for your comments.

 
IT Blogger is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com