Wellcome to My Site

Di situs ini saya ingin berbagi informasi seputar dunia IT yang menjadi ketertarikan saya, yang meliputi bidang: internet, komputer dan smartphone. Saya senang dapat berbagi dengan siapa pun yang berkunjung ke situs ini. Semoga kalian menemukan apa yang kalian cari di sini.

Translate to your language

05 Mei 2009

Update Otomatis pada Komputer Windows

. 05 Mei 2009

Informasi ini pastilah sudah banyak yang tahu. Bukan barang baru bagi pengguna komputer yang sudah akrab dengan sistem operasi Windows. Sebaliknya, bagi pemula yang lagi seneng-senengnya mengutak-atik dan mempelajari fitur-fitur Windows di komputernya, pastilah sangat bermanfaat. Dan saya yakin, pemula itu selalu ada kapan saja..seperti halnya kamu yang tertarik untuk membaca lebih jauh tulisan di bawah ini (hik..hik..).

Jika kamu bukan pemula seperti yang saya maksud tadi, silakan tinggalkan saja karena informasi di bawah ini tidak berguna buat kamu dan tak lupa saya ucapkan terima kasih sudah berkunjung ke IT Blogger di www.yuhibu.co.cc.


Sekilas tentang Automatic Updates

Komputer dengan sistem operasi Windows dilengkapi dengan fitur update otomatis. Untuk menggunakannya kamu cukup klik Control Panel/Automatic Updates. Dengan Automatic Updates, Windows secara rutin melakukan pengecekan update-update yang mampu melindungi komputer dari serangan virus-virus mutakhir dan perusak komputer lainnya. High-priority updates ini tersedia di website Windows Update, dan dan mencakup security updates, critical updates, dan service packs.

Bila kamu aktifkan fitur Automatic Updates di komputermu, kamu tidak perlu mencari-cari update online, atau khawatir komputermu kehilangan kesempatan melakukan perbaikan-perbaikan yang bersifat kritis. Windows secara otomatis mendownload dan menginstalnya untukmu, sesuai dengan jadwal yang kamu tetapkan. Jika kamu lebih suka download dan instal sendiri update-nya, kamu bisa pilih seting pada menu Automatic Updates untuk memberi tahu bila suatu high-priority updates tersedia di website Windows Update.


Bagaimana update-update itu didownload?

Saat kamu terhubung dengan internet, Windows di komputermu mengirim data ke website Windows Updates mengenai bagaimana komputermu di-set up sehingga mereka bisa menentukan update mana yang dibutuhkan oleh komputermu. Windows sama sekali tidak menggunakan nama, alamat, alamat emailmu, atau pun informasi-informasi tertentu yang dapat digunakannya untuk mengidentifikasi atau menghubungi kamu.

Tidak ada ada bedanya, apakah kamu menggunakan koneksi dial-up atau koneksi broadband, update-update penting tetap didownload dalam mode behind the scene (tidak tampak), dan tidak tubrukan dengan download-download lainnya yang mungkin sedang berjalan di komputermu. Jika koneksi internet terputus sebelum download full, tak ada yang hilang. Proses download akan dilanjutkan lain waktu saat kamu terhubung dengan internet lagi.


Bagaimana update-update itu diinstal?

Kamu tidak harus terkoneksi dengan internet saat Windows menginstal update-update baru. Agar update-update itu dapat menolong kamu melindungi komputer, mereka harus diinstal, bukan cuma didownload. Jika kamu pilih seting Auotmatic Updates on (Recommended), update-update yang baru diinstal pada jam 3.00 am (default). Meski begitu, kamu dapat merubah jadwalnya sesuai dengan kebutuhanmu. Jika komputer dimatikan saat instal updates berjalan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, update-update ini akan diinstal lain kali bila kamu menghidupkan komputer. Kamu juga bisa memilih seting agar Windows memberi tahu bila ada update baru, kemudian kamu bisa memutuskan apakah akan diinstal saat itu juga atau lain waktu.

Kamu mungkin akan diminta menyetujui suatu lisensi yang istilah kerennya End User License Agreement (EULA) sebelum suatu update tertentu dapat diinstal. Update yang lain mungkin meminta kamu untuk me-restart komputer agar proses instalasi dapat disempurnakan. Jika kamu adalah administrator di komputermu, kamu bisa menangguhkan restart tersebut. Jika kamu bukan administrator di komputer yang sedang kamu pakai (pinjem gitu loh...), Windows akan memberi tahu kemudian merestart komputer untukmu sehingga update baru dapat mulai bekerja untuk melindungi komputer. Selalu merupakan ide bagus untuk sering-sering melakukan pengamanan atas pekerjaanmu (dengan save/save as) dan mengingatkan orang lain yang menggunakan komputermu untuk melakukannya juga, khususnya sebelum waktu instalasi yang dijadwalkan.

Catatan:

Menginstal update sebelum mematikan komputer adalah cara lain untuk menjaga komputer tetap up to date dan lebih aman. Opsi ini hanya tersedia untuk Ms Windows XP SP2, Ms Windows Server 2003 SP1, atau Ms Windows Server 2003 dan Windows XP versi x-64, dan hanya jika update-update penting sudah didownload tapi belum diinstal. Jangan mematikan komputer ketika komputer sedang menginstal update-update itu. Windows secara otomatis akan mematikan komputer setelah update diinstal.



Sumber: Help and Support Center - Windows XP Professional

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Silakan komentar untuk sharing pengalaman dan pemikiran kamu. Untuk tampilkan emoticon pada komentarmu cukup ketik simbol di samping kanan gambar emoticon yang kamu inginkan...Finally, thanks for your comments.

 
IT Blogger is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com